Selasa, 04 Oktober 2016

Sistem Komputer

1. Definisi komputer

Istilah komputer diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). berikut ini beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku komputer.

menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) : komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas.

menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders) : komputer adalah sistem elektronik untun memanipulasi data yang cepat tepat serta dirancang dan diorganisasi kan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan dimemori.

menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G Zaky) : komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

menurut buku Intoduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fouri) : komputer adalah pemroses data (Data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis) : komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

2. Pengolahan data elektronik

Pengolahan data yang menggunakan komputer disebut dengan Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan sebuah kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. data dapat berupa angka-angka, huruh-huruf atau simbol-simbol khusus atau pun gabungan. Pengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan yang lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi pengolahan data elektronik adalah memanipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer. 

3. Siklus pengolahan data

Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, pocessing dan output. 


Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan menjadi lebih lanjut, siklus data yang dikembangkan (Expanded Data Processing Cycle) dapat ditambahkan tiga yaitu origination, storange  dan  distribution. 


Origination. tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasayna merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

Input. tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).

Processing. tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan dan dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan,mengendalikan atau mencari di storange.

Output. tahap ini merupakan proses menghasilakan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi. 

Distribution. tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan yang membutuhkan informasi.

Storange. tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (sorange) . hasil dari pengolahan yang disimpan storange dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

4. Sistem komputer

Sistem adalah jaringan  elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sitem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksanakan maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.

Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

5. Kemampuan komputer

Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi adalah kemampuan utama yang dimiliki komputer. Selain itu kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar biasa.

Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki komputer adalah kecepatan mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global. Bayangkan saja bahwa saat kita mengirim mail ke tujuan seluruh dunia akan sampai hanya dalam hitungan detik (second) saja. Ini akan lebih cepat beribu kali lipat dibanding dengan pesawat paling cepat sekalipun.  Selain itu komputer akan mampu terus melaksanakan tugasnya dan terus hidup atau menyala dalam waktu yang lama dalam hitungan  bulan  bahkan tahun tanpa komputer itu harus mati atau mati hannya beberapa menit atau jam dalam setahun. Kita lihat saja komputer yang mengendalikan ATM pada sebuah bank, komputer yang mengontrol penerbangan, hampir tidak pernah berhenti atau mati dalam operasinya.

Data  yang diterima melalui perangkat input dan dikirim ke memori untuk disimpan dan selanjutnya diproses oleh CPU kemudian disimpan kembali ke memori sebelum ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat output bisa dilakukan oleh komputer dengan sangat cepat sekali.
Kecepatan akses data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar