Minggu, 02 Oktober 2016

Perkembangan sistem dan teknologi

1)      Sejarah perkembangan system dan teknologi informasi

A.    Sejarah Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, yang mencakup utnuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan banyak cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan harus relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Pada awalnya, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Dulu, bahasa adalah teknologi, bahasa membuat seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi tidak bertahan secara lama. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan dengan waktu yang lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang menjadi gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat mencoba untuk memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, dan dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer dan lain-lain mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan dengan isi data yang tidak akan cepat hilang.

B.     Perkembangan computer

a.       Computer generasi pertama (1946-1959)
Computer generasi pertama dimulai pada tahun 1946. Yang termasuk computer generasi pertama adalah elektronik yang menggunakan konsep stored-program(operasi computer yang dikontrol oleh program yang disimpan di memori computer, sedang computer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memori computer, hanya tisp-tiap instruksi dibacakan ke computer.sedang program adalah kumpulan instruksi). Stored-program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan stored-program, tidak perlu merubah isi komponen dalam computer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hana program baru untuk aplikasi itu saja yang dibacakan ke computer dan disimpan di memori computer. Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dari imstruksi-instruksi angka 0 dan 1 didalam urutan tertentu.
Computer generasi pertema mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkitnya.
2.      Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
3.      Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storange.
4.      Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
5.      Ukuran fisik computer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6.      Cepat panas, sehingga diperlukan aat pendingin.
7.      Prosesnya kurang cepat.
8.      Simpanannya kecil.
9.      Membutuhkan daya listrik yang besar.

10.  Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.  
Computer generasi pertama antara lain :
·         ENIAC pada tahun 1942 oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert



·         UNIVAC II (pabrik pembuatnya sperry rand-Univac)





·         Damatic 1000 (pabrik pembuatnya honey well)



a.       Computer generasi kedua(1959-1964)

     Pada saat itu ada penemuan lainnya diantaranya berupa pengembangan memori inti-magnetik yang membuat ukuran komputer pada generasi ini menjadi lebih kecil, cepat dan hemat energi dari ukuran generasi komputer sebelumnya. Superkomputer merupakan mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini. Stretch adalahnama komputer generasi kedua yang diciptakan oleh IBM dan LARC adalah komputer generasi kedua yang dibuat oleh Sprery-Rand. komputer komputer ini kemudian dikembangkan oleh laboratorium energi atom, dan dapat menangani sejumlah besar data. Mesin nya sangat mahal dan juga terlalu kompleks untuk kebutuhan, sehingga kepopulerannya terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan:
-       pertama di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang

-       kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer pada generasi ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
1.      Komponen yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangakan di Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun 1947.
2.      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level. Language) seperti misalnya FORTRAN, COBOL, ALGOL (the Algorithmic Language).
3.      Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storange, dapat menyimpan puluan ribu karakter.
4.      Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.
5.      Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing. Real-time dpat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct acces, ketika dapat dihasilkan. Sedang time-sharing memungkinkan beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan computer akan berbagi waktunya (time-sharing) untuk tiap-tiap pemakai.
6.      Ukuran fisik computer lebih kecil dibandingkan computer generasi pertama.
7.      Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi perdetik
8.      Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
9.      Orientasinya tidah hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik
Computer generasi kedua antara lain :
·         UNIVAC III, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)
·         Burroughs 200 (pabrik pembuatnya Burroghs)
·         NRC 300 (pabrik pembuatnya National Cash Register)

a.       Computer generasi ketiga

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit(IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT. IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments danFairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
Computer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuits atau Solid Logic Tehnology (SLT) adalah transistor dan diode yang diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
2.      Peningkatan dari softwarenya.
3.      Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dari computer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik).
4.      Kapasitas memori computer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5.      Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random access(dapat memasup record data secara random), yaitu disk magnetic yang berkapsiras besar (jutaan karakter).
6.      Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan computer generasi sebelumnya.
7.      Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
8.      Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visua display terminal yang bisa menampilakn gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetic yaitu MICR(Magnetic Ink Characters Recogmition) reader.
9.      Harga semakin murah dibandingkan dengan computer generasi sebelumnnya.
10.   Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu computer dengan computer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi telepon.

Computer generasi ketiga antara lain :
·         UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)




·         GE 600, GE 235 (pabriknya pembuatnya General Electric)
·         CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000 (pabrik pembuatnya Control data Corperation)

b.      Computer generasi keempat (sejak tahun 1970)


Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
-       Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
-       Pada generasi ini komputer sudah memakai Large Scale Integration (LSI)
A.    Perangkat computer

Perangkat komputer dibedakan menjadi dua yaitu perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya dan perangkat keras (hardware) adalah semua bagian fisik komputer.
1.      Macam-macam Software:
1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

2.      Macam-macam Hardware
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.

4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.

6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.

7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.

9). Power Supply
Berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

11). Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
A.    Pemanfaatan Sistem/Teknologi Informasi

Berkembangnya zaman, membuat pemanfaatan teknologi atau sistem informasi semakin banya dipakai dan dibutuhkan untuk menyelesaikan macam pekerjaan dan mencapai semua tujuan. Beberapa manfaat Sistem/Teknologi Informasi dalam berbagai bidang:
-       Bidang Sains: dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan cuaca, misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat mengantisipasi kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu dapat meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.
-       Bidang teknik/rekayasa: manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms Project.
-       Bidang Ekonomi : pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang dijual serta transaksi penjualannya.
-       Bidang Bisnis : Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun tidak berada di tempat dan bertatap muka.
-       Bidang Perbankan : Transaksi Bank yang sangat banyak sangat terbantu oleh aplikasi teknologi dalam perbakan. Misalnya e-Banking akan mempermudah transaksi bagi para nasabah.
-       Bidang Pendidikan : peran teknologi di bidang ini memang sangat penting. Karena dengan teknologi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar mendapatkan tambahan dan mengembangkan materi yang dipelajarinya. Teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya seperti E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.

1)      Perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak

A.    Pemahaman komponen perangkat keras

a.       Input
Input adalah energy yang diamsukkan kedalam suatu system. Dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input  adalah energy yang akan diolah oleh system. Maintenance input adalah energy yang akan digunakan untuk mengolah signal input . didalam system computer, signal input  adalah data yang dimasukkan ke system computer, sedangkan maintenance input  adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

Sehingga alat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Alat input dapat digolongkan kedalam dua golongan, yaitu

·         Alat input langsung dan alat input tak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung proses oleh CPU , tanpa lewat susuatu media lainnya lagi. Contohnya : keyboard, pointing device, scanner, sensor, dan voice recognizer.

·         Alat input tak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi dalam bentuk media yang tertentu. Media yang menampung input tersebut adalah simpanan luar, dapat berupa disk magnetik, pita magnetic maupun kartu. Contohnya : kartu long (punched card), pita magnetic magnetic tape) atau magnetic disk.
a.       Proses , alat pemrosesan adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat input dan hasilnya akan dapat ditampilkan dialat output. Alat pemrosesan terdiri dari:
·         CPU (Central Processing Unit) merupakan alat tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (Control Unit) dan unit aritmatika dan logika (Arithmatica and Logic Unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut Register.

·         Array processor adalah processor  terpisah yang dapat ditambahkan pada processor utamanya. Bila sejumlah besar dari perhitungan harus dilakukan untuk mempercepat waktu proses dapat dipergunakan array processor. Dengan array processor perhitangan aritmatika yang besar dan sulit dapat dilakukan dengan memecah atau  membagi perhitungan tersebut dan dilakukan bersama-sama antara central processor  dan array processor.

·         Main memory digunakan untuk menyimpan insutuksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan. Main memory dapat dibanyangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing kotak dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun instruksi.


b.      Control unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system computer. control unit mengatur kapan alat input menrima data dan kapan data ditampilkan pada alat output. Control unit mengartikan instruksi-instruksi dari program computer.

c.       Penyimpanan(storage). Data dan instruksi memasuki main storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan dijaga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan utama dilengkapi dengan auxiliary storage (penyimpanan tambahan) yang lebih murah, yang juga disebut backing storage (penyimpanan cadangan), misalnya, hard disk untuk tujuan penyimpanan massal. Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga data yang dipelihara, yaitu data yang disangga oleh komputer, sehingga ia bisa memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.

d.      Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laset printer atau bisa ditampilakan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukan ke output device. Perangkat ini bisa berupa printer, dimana dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tercetak yang disebut hard copy, atau mungkin data tersebut ditampilakan pada laya monitor yang sama seperti laya pada set televisi.


A.    Pemahaman komponen perangkat lunak

a.       Evolusi Perangkat Lunak
Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
·         Tahap Pertama (1950 – 1960) Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
·         Tahap Kedua (1960 – 1970) Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.
Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
·         Tahap Ketiga (1970 – 1990)Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
·         Tahap Keempat (1990 – 2000)Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
a.       Klasifikasi perangkat lunak
1.      Perangkat lunak system
·         Bahasa pemrograman

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
a)      Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) Bahasa ini di sebut juga bahasa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
b)      Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
c)      Bahasa generasi keempat (4 GL)Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.


·         System operasi

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. System operasi ini yang akan mengatur semua proses dari computer. System operasi ini dapat diibaratkan dengan otak yang mengatur semua system operasi tubuh anggota manusia. Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

·         Program Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
2.      Perangkat lunak aplikasi

·         Aplikasi office
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses tabel. Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.


Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya perhitungan bulanan.

·         Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakana Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.

Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
Format-format digital multimedia di antaranya :
-       MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
-       MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
-       MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
-       AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.

·         Aplikasi Internet

Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :
-       HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh browser adalah Internet Explorer (gambar 3.11) dan Netscape.
-       E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express.
-       Messenger. Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam).

 sumber:
Jogianto, H.M , Pengenalan Komputer, Yogyakarta : Andi ffset, edisi kedua, 1986.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar