Sabtu, 17 Oktober 2015






ISD




A.   PENGERTIAN ISD

Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang membahas dan memecahkan masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang di dalam masyarakat dewasa ini, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia. Dengan menggunakan pengertian – pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial ( seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah ).

Kita harus mengakui bahwa manusia merupakan mahluk sosial karena manusia tidak bisa hidup tanpa berhubungan dengan manusia yang lain bahkan untuk urusan sekecil apapun kita tetap membutuhkan orang lain  untuk membantu kita. Berikut ini adalah pengertian dan definisi sosial menurut beberapa ahli:

LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

 KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

PAUL ERNEST
Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

PHILIP WEXLER
Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

ENDA M. C
Sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan.

LENA DOMINELLI
Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

PETER HERMAN
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.

ENGIN FAHRI. I
Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut.


B.    TUJUAN 

ISD membantu mengembangkan wawasan mahasiswa penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan membentuk kepribadian yang diharapkan, khususnya yang berkenaan dengan sikap dalam tingkah laku dalam bersosialisasi manusia terhadap manusia lain, serta tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. ISD ini pun diharapkan dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep yag berkembang untuk melengkapi gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa menjadi lebih besar.

a.      Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam

b.      Tujuan khusus:

1.  Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang           ada dalam masyarakat.
2.  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha                         menanggulanginya.
3.  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks         dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4.   Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi      dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat


http://chairulanwar1713.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar.html

C.    MENGAPA PERGURUAN TINGGI MENGADAKAN MATA KULIAH ISD ?

       Penerapan mata kuliah ISD dalam perkuliahan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala social,agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka. Selain itu ISD ini juga bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk memahami jalan pikiran para ahli social sehingga dapat berkomunikassi dengan baik dalam rangka menanggulangi maslah social yang tumbuh dikalangan masyarakat.
            Mata kuliah ISD juga mengajarkan hidup bersosialisasi antar mahasiswa dan dosen. Agar membawa suatu lingkungan yang mempunyai rasa bersosialisai tinggi antar sesama lain. Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional untuk dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian dan dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan belajar mandiri.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar